Senin, 25 Juni 2012

Foke: Wajib Belajar 12 Tahun Mulai Tahun Ini

Pemprov DKI menyatakan akan melaksanakan wajib belajar 12 tahun mulai tahun ini atau tahun ajaran 2012/2013. Bila benar dilaksanakan, maka program wajib belajar 12 tahun oleh Pemprov DKI lebih cepat dari yang sebelumnya direncanakan dilaksanakan tahun depan.

Gubernur DKI Fauzi 'Foke' Bowo mengatakan di Jakarta tak boleh ada anak usia sekolah yang tidak bersekolah karena terkendala kemampuan ekonomi keluarganya.
Menurutnya untuk memberikan jaminan anak usia sekolah menengah (16-18 tahun) warga Jakarta untuk dapat bersekolah tanpa hambatan keterbatasan biaya sekolah, pihaknya merancang rencana wajib belajar 12 tahun.

"Pemprov DKI Jakarta akan menjamin seluruh warga usia sekolah untuk mendapatkan pelayanan pendidikan minimal sampai jenjang pendidikan SMA/SMK/MA dan sederajat," jelasnya.

Pria berkumis ini menuturkan pada tahun 2011 selain bantuan operasional sekolah yang berasal dari APBN, telah dilaksanakan pemberian Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) dan Bantuan Operasional Buku (BOB) yang berasal dari APBD sebesar Rp 1.035.515.492.000 untuk 1.380.664 siswa tingkat TK/SD/SMP/SMA/SMK.

Ditambahkannya, pihaknya juga telah menyediakan beasiswa rawan putus sekolah untuk siswa SMA/SMK kurang mampu demi menutupi pengeluaran yang mendukung kelangsungan proses belajar seperti seragam, transport, dan buku untuk 4.033 siswa SMAN/MAN dan 6.885 siswa SMKN.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar